Info Terbaru 2022

Sekolah Harus Mempunyai Tenaga Kebersihan Khusus

Sekolah Harus Mempunyai Tenaga Kebersihan Khusus
Sekolah Harus Mempunyai Tenaga Kebersihan Khusus
Sekolah Harus Memiliki Tenaga Kebersihan Khusus Sekolah Harus Memiliki Tenaga Kebersihan Khusus

Kebersihan lingkungan yaitu kegiatan membuat atau mengakibatkan lingkungan yang bersih, indah, asri, nyaman, hijau dan lezat dipandang mata. Kebersihan lingkungan tentu tidak satu daerah saja, contohnya saja kebersihan kantor yaitu kebersihan lingkungan daerah bekerja, kebersihan sekolah yaitu kebersihan lingkungan daerah belajar.

Baca juga: Menanamkan Cinta Lingkungan Hidup Sejak Dini

Kebersihan lingkungan hendaknya tidak terpisahkan dari setiap manusia, lingkungan yang higienis akan menunjukkan manfaat yang besar kepada insan dan sebaliknya lingkungan yang kotor akan menunjukkan problem yang besar kepada manusia. Oleh alasannya yaitu itu kita wajib menjaga kebersihan lingkungan sekitar kita, mulai dari diri sendiri, mulai dari hal terkecil dan mulai dari sekarang.

Kebersihan di Sekolah yaitu tanggung jawab warga Sekolah yang bersangkutan, tinggal bagaimana kita memanej penjagaan kebersihan di sekolahnya. Idealnya, sekolah harus mempunyai tenaga kebersihan yang. Meskipun demikian, waraga sekolah bahkan orang bau tanah mempunyai kiprah penting dalam menjaga kebersihan sekolah.. Ada sekolah yang lantaran bangunannya luas dan mempunyai dana yang cukup, mereka mengontrak cleaning service untuk menjaga kebersihan dan merawat kebun, sebalik nya ada juga yang memberdayakan siswa mereka untuk gotong royong menjaga kebersihan.

Kedua pilihan punya nilai postif dan negatifnya masing-masing, kalau kita memperdayakan bawah umur untuk sama-sama menjaga kebersihan sekolah, maka kita telah melaksanakan penyesuaian dan menanamkan perilaku cinta kebersihan, bawah umur kita latih untuk menjadi peka dan peduli dengan kebersihan lingkungan, walaupun ini sedikit akan mengganggu konsentrasi anak. Sebaliknya kalau kita memanfaatkan petugas kebersihan, memang lebih baik dan kebersihan nya dapat terjamin dan anak tidak terganggu konsentrasinya, namun memakan biaya besar dan menyia-nyiakan kesempatan untuk mendidik dan membiasakan anak untuk peduli terhadap kebersihan.

Adapun manfaat dari kebersihan lingkungan sekolah yaitu sebagai berikut:
1. Lingkungan sekolah menjadi bersih
2. Lingkungan sekolah nyaman untuk belaja
3. Penyakit semakin kecil dibanding yang kotor.
4. Udara di sekitar sekolah sejuk dan bersih
5. Lingkungan menjadi Indah dan lezat dipandang

Keikutsertaan siswa dalam menjaga dan membersihkan lingkungan sekolah merupakan kepingan dari pendidikan dan pembinaan bagi bawah umur mengenai kebersihan. Disamping itu, keterlibatan anak dalam kebersihan lingkungan sangat membebankan fisik anak, apalagi kegiatannya ditingkat Sekolah Dasar. Keadaan fisik bawah umur belum dapat melaksanakan suatu pekerjaan yang berat, Selain itu anak anak merasa lelah dan pada hasilnya mengalami sakit dan ini kuat terhadap kegiatan berguru anak.

Oleh lantaran itu, setiap sekolah harus mempunyai tenaga kebersihan yang dipilih secara khusus oleh sekolah demi terwujudnya Lingkungan yang higienis dan sehat. Jika Lingkungan sekolah sehat maka proses berguru mengajar juga akan menjadi nyaman.

*) DITULIS OLEH FLORIANUS JONI, S. Pd. GURU SD NEGERI BAMBOR KECAMATAN MBELILING KABUPATEN MANGGARAI BARAT FLORES - NTT
Advertisement

Iklan Sidebar