Info Terbaru 2022

Ini Harus Dilakukan Guru Semoga Mencar Ilmu Lancar Dan Menyenangkan

Ini Harus Dilakukan Guru Semoga Mencar Ilmu Lancar Dan Menyenangkan
Ini Harus Dilakukan Guru Semoga Mencar Ilmu Lancar Dan Menyenangkan
Sebagai sosok yang punya tugas besar di kelas, guru berperan penting dalam penentuan kualitas pendidikan.
Peranan para guru dibutuhkan untuk membuat acara mencar ilmu mengajar yang berkualitas di sekolah. Guru harus mempunyai motivasi untuk guru menyebarkan kreativitas, inovasi, dan meningkatkan profesionalismenya supaya acara mencar ilmu mengajar berkualitas. Guru juga harus mempunyai kemampuan yang baik dalam memanfaatkan pengetahuan dan teknologi dalam proses mencar ilmu mengajar untuk menghasilkan siswa berkualitas.

Guru mempunyai andil besar di dalam membangun sebuah generasi. Guru juga insan biasa yang tidak terlepas dari kesalahan dan kekurangan. Namun, bukan berarti tidak belajar. Guru perlu membenahi beberapa hal biar tercipta lingkungan mencar ilmu yang kondusif. Berikut hal-hal tersebut yang harus dilakukan guru yang kutip dari Ruang Guru (27/03/18) biar proses mencar ilmu jadi lancar, serta menyenangkan.

1. Menyiapkan perangkat pembelajaran

Sebelum mengajar, hendaknya guru sudah mempersiapkan segala hal yang diperlukan. Selain materi, materi ajar, media atau alat pembelajaran pun sebaiknya disiapkan. Tidak perlu budget mahal, alat pembelajaran bisa guru hasilkan dari bahan-bahan bekas di lingkungan sekitar. Semakin kreatif guru, kemungkinan siswa akan antusias terhadap pelajaran pun semakin tinggi.

2. Metode mencar ilmu yang variatif

Coba variasikan metode pengajaran yang diterapkan di kelas. Salah satu hal yang bisa dilakukan guru, yakni, pertama, membuat metode mencar ilmu gres dan seru. Sehingga, bisa memancing siswa untuk lebih aktif. Guru akan menjadi model atau idola yang dikagumi siswa. Karena guru mengajar dengan memakai metode mencar ilmu yang menarik sehingga siswa tidak merasa bosan.

3. Membawa siswa ke dunia nyata

Sebaiknya, dalam penyampaian materi guru tidak hanya sebatas menjabarkan teori. Coba bawa siswa untuk melaksanakan observasi pribadi ke lingkungan sekitar. Dengan demikian, pemahaman siswa terhadap sesuatu pun lebih luas alasannya yaitu sudah terjun atau mencicipi sendiri. Tidak ada salahnya guru mencoba mempraktikkan metode pengajaran saintifik.

4. Memerhatikan kemampuan awal siswa

Kelompokkan siswa menurut kemampuannya. Sesuaikan posisi kawasan duduk biar siswa nyaman satu dengan yang lainnya. Pembagian kelompok ini ditujukan untuk pengembangan potensi siswa. Pasangkan siswa yang aktif dengan yang agak pasif, siswa yang gemar bicara dengan yang agak pendiam, dan sebagainya.

5. Dekat dengan siswa

Guru juga perlu mengetahui lingkungan siswa di luar sekolah. Misalnya, mengadakan kunjungan ke rumah siswa tau berbicara dengan orang tuanya. Selain itu, sesekali ajak siswa bicara, tidak harus melulu seputar sekolah. Jadilah pendengar yang baik biar siswa menaruh keyakinan serta terbuka sehingga bisa lebih memahami karakteristik siswa dan tahu cara menghadapinya.

6. Selalu menyebarkan diri

Jangan cepat merasa puas. Teruslah kembangkan diri dengan banyak membaca buku, jurnal, referensi, tulis karya ilmiah, ikut seminar dan sebagainya. Cara ini sebaiknya dilakukan biar memperluas wawasan Anda sebagai guru. Juga, banyak melaksanakan pengamatan terhadap kejadian di sekitar dan mencari solusi untuk melatih kepekaan.
Advertisement

Iklan Sidebar