Info Terbaru 2022

Guru Itu Pegawai Daerah, Bukan Kemendikbud

Guru Itu Pegawai Daerah, Bukan Kemendikbud
Guru Itu Pegawai Daerah, Bukan Kemendikbud
Banyak yang belum sadar guru itu yaitu pegawai kawasan Guru Itu Pegawai Daerah, Bukan Kemendikbud
Banyak yang belum sadar guru itu yaitu pegawai daerah, bukan pusat.
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Anies Baswedan mengatakan, masih banyak pihak salah menafsirkan keberadaan guru sebagai pegawai Kemendikbud. Akibatnya, saat ada duduk masalah terkait guru di daerah, ramai-ramai guru ke Kemendikbud menuntut solusi.

"Sejak ada UU Otda, otomatis ada pembatasan kewenangan sentra terhadap PNS di kawasan termasuk ‎guru. Banyak yang belum sadar guru itu yaitu pegawai daerah, bukan pusat," kata Anies Kemendikbud yang kutip dari JPNN (23/04/16).

Anies mencontohkan duduk masalah pembayaran pinjaman profesi guru. Meski sentra sudah menyalurkan dananya ke daerah, namun masih saja ada masalah. Misalnya, pinjaman bagi guru bersertifikat pendidik ini terlambat dibayarkan ke rekening guru.

"Kalau dananya sudah dikucurkan pusat, lantas kawasan belum menyalurkan, kesalahan di siapa? Ini yang harus diluruskan, guru-guru jangan menuntut ke Kemdikbud alasannya yaitu kiprah sentra sudah dilaksanakan namun kawasan yang telat mencairkan," kata Anies.

Baca juga: "Masih Ada Guru Sertifikasi yang Malas Mengajar"

Sementara itu, Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Sumarna Surapranata menambahkan, pinjaman profesi guru triwulan satu baik untuk guru PNS maupun non PNS sudah semenjak Maret dicairkan. B‎ila ada kawasan yang belum mencairkan, menjadi tanggung jawab Dinas Pendidikan setempat.
Advertisement

Iklan Sidebar