Info Terbaru 2022

Agar Kurikulum Sd Lebih Mudah, Ini Solusi Anies

Agar Kurikulum Sd Lebih Mudah, Ini Solusi Anies
Agar Kurikulum Sd Lebih Mudah, Ini Solusi Anies
Kemendikbud nantinya tidak akan mengunci pembuatan silabus Agar Kurikulum SD Lebih Mudah, Ini Solusi Anies
Kemendikbud nantinya tidak akan mengunci pembuatan silabus.
Banyak orang renta siswa SD (SD) mengeluhkan kurikulum yang terlalu berat bagi anaknya. Mulai dari pelajaran yang dinilai sulit bagi siswa hingga bawaan tas yang berat dengan buku-buku. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Anies Baswedan menawarkan solusi terkait hal tersebut.

Baca juga: Pada Tahun 2019 Seluruh Sekolah Terapkan K-13

"Saat ini sentra memilih kompetensi apa saja yang harus terpenuhi, kiprahnya kemudian sekolah sekolah saling mencar ilmu dari sama lain, mengambil intisari dari banyak daerah kemudian mereka menyusun sendiri," kata Anies yang kutip dari detikcom (19/04/2016).

Menurutnya, ini perlu dilakukan untuk memacu kreativitas para guru dalam menyesuaikan kurikulum sesuai dengan kondisi sekolah dan murid yang diajarkan di sekolah tersebut. Pemberian kebebasan ini juga terkait keanekaragaman yang telah terbentuk di sekolah-sekolah seluruh Indonesia.

Anies menyampaikan banyak guru yang kreatif tetapi masalahnya banyak yang bilang, jikalau mereka berbeda mereka melanggar hukum jadinya dikerjakannya membisu diam. Sekarang guru akan diberi ruang, Kemendikbud nantinya tidak akan mengunci pembuatan silabus.

"Kurikulum, silabusnya diberikan ke sekolah biar keanekaragamannya dapat terjadi. Kita tidak mengunci silabus, kita berikan pola dan standar kompetensi dasar tapi selebihnya kita serahkan guru dan elemen sekolah lainnya di seluruh Indonesia," kata Anies.
Advertisement

Iklan Sidebar