Info Terbaru 2022

Semarang Kekurangan 600 Guru Sd

Semarang Kekurangan 600 Guru Sd
Semarang Kekurangan 600 Guru Sd
Permasalahan kekurangan guru SD harus segera diselesaikan Semarang Kekurangan 600 Guru SD
Permasalahan kekurangan guru SD harus segera diselesaikan.
Sampai tahun ini Kota Semarang masih mengalami kekurangan guru SD (SD) sampai 600 guru. Untuk memenuhi kekurangan guru itu, pihak sekolah yakni dengan menambah jam mengajar guru PNS dan memanfaatkan guru tidak tetap (GTT).

“Namun kalau kekurangan 600 guru SD ini dibiarkan, dikawatirkan akan mensugesti mutu dan kualitas pendidikan dasar di Kota Semarang,” ungkap Kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang Bunyamin yang kutip dari Merdeka (10/01/2014).

Jumlah guru PNS yang tiap bertahun berkurang lantaran memasuki usia pensiun tidak diimbangi dengan rekrutmen guru gres secara berkesinambungan. Hal ini bertolak belakang dengan semangat pemerintah dalam meningkatkan mutu pendidikan dasar.

Pengamat pendidikan Sudarto menanggapi duduk kasus kekurangan guru ini disebabkan lantaran inkonsistensi Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara (Kemenpan) yang menganggap jumlah guru di Indonesia sudah sangat mencukupi. Padahal guru yang ada sekarang, tidak semuanya guru tetap atau guru PNS.

Kesejahteraan yang berbeda antara guru tetap atau PNS dengan GTT, dipastikan sangat kuat pada proses pembelajaran yang diberikan. Desakan memenuhi kebutuhan, menciptakan para GTT banyak yang lebih berkonsentrasi menambah penghasilan di luar aktivitas mengajar.
Advertisement

Iklan Sidebar