Info Terbaru 2022

Bukan Kesalahan Guru, Tetapi Pemerintah ...

Bukan Kesalahan Guru, Tetapi Pemerintah ...
Bukan Kesalahan Guru, Tetapi Pemerintah ...
Ini semua bukan kesalahan guru, tetapi pemerintah yang tidak menyiapkannya dengan baik.
Terkait dilema Kurikulum 2013, Menteri Kebudayaan dan Pendidikan (Mendikbud) Anies Baswedan menyampaikan itu semua bukan salah guru tetapi pemerintah yang tidak menyiapkan kurikulum gres dengan dengan baik.

"Ini semua bukan kesalahan guru, tetapi pemerintah yang tidak menyiapkannya dengan baik," kata Anies yang kutip dari Republika (06/01/15).

Menurutnya, kompetensi inti dan kompetensi dasar dalam Kurikulum 2013 banyak yang tidak selaras sehingga kurikulum akan dievaluasi menyeluruh. Pihaknya bertekad menuntaskan dilema kurikulum itu hingga tuntas.

Kompetensi inti dan kompetensi dasar dalam Kurikulum 2013 banyak yang tidak selaras sehingga kurikulum harus diperbaiki. Awalnya yang ingin dievaluasi hanya dokumen saja, Tapi ternyata kompetensi inti dan kompetensi dasar banyak yang tidak pas.

Dia mencontohkan perpaduan dua kompetensi itu untuk tingkat SMP, yaitu 'menunjukkan sifat disiplin dan bertanggung jawab melalui ekspor impor yang memakai Bahasa Indonesia yang baik'. Menurutnya itu tidak nyambung dan harus dibentuk selaras.

Pada awal Desember 2014, Mendikbud tetapkan penerapan terbatas Kurikulum 2013. Sekolah yang gres satu semester menerapkan diminta kembali ke kurikulum lama. Hanya tiga persen dari jumlah sekolah di Tanah Air yang melanjutkan Kurikulum 2013.
Advertisement

Iklan Sidebar